Tuesday, October 25, 2005

Berita TV

Sejak kemarin, Hamamah kena flu, so dia tinggal dirumah, gak kesekolah seperti biasanya. Hampir sebagian besar kegiatannya dirumah adalah beristurahat sambil menonton TV. Saat acara anak-anak berakhir pada jam 12-an, aku pindahkan saluran TV ke channel SBS, karena setiap hari, dari Senin-Sabtu, mereka menyiarkan berita pagi TVRI. Berita berdurasi 30 menitan itu lumayan bisa mengobati kerinduan akan negeri tercinta, walaupun akhir-akhir ini penuh berita-berita yang menyedihkan. Kenaikan BBM, dana kompensasi, antrian dimana-mana, harga-harga yang menlambung tinggi, kenaikan tunjangan anggota DPR, dan lain sebagainya.

Saat menonton acara tersebut hari ini, sempat terkejut dengan pernyataan dan pertanyaan yang dilontarkan oleh Hamamah. Dia katakan :

"Its unfair! why the parliement wants to get another money, while the other people dont have any money ? Are they blind mommy?"
Belum aku jawab, dia sudah melanjutkan dengan yang lain...
"I think they were so greedy. So many people can't buy any food because the price is getting expensive, and they dont have enough money!"
"Look at that long Quae mommy, they try to buy a cheap sugar at the market!"
"Look at the people mommy, they really tired waiting for the free money...!"(istilah Hamamah untuk dana kompensasi yang diberikan pemerintah).

Dan masih banyak lagi spontanitas yang penuh dengan nada kesal, tidak puas, kasihan, dan lain-lain yang keluar dari mulut kecilnya. Aku berusaha menjelaskan padanya, namun banyak hal yang sangat sulit dicerna oleh fikiran anak seusianya, dan sungguh aku pun merasa kesulitan memberikan penjelasan tentang semua yang dia saksikan dua hari ini.

Namun disisi lain ada rasa kagum(atau entah apa namanya) juga pada Hamamah, ternyata dia mampu melihat sebuah realita tentang negerinya, ternyata dia punya rasa empati saat melihat mereka yang antri dana kompensasi, ternyata dia punya rasa marah saat melihat orang-orang yang menjerit karena bbm naik, punya rasa kesal saat mendengar kenaikan tunjangan anggota DPR.

InsyaAllah besok dia sudah masuk sekolah lagi, mungkin besok peryataan dan pertanyaan serupa seperti hari ini hilang karena kesibukkannya bersekolah. Ternyata sangat sulit memberikan kesan bagus dari sebuah negeri yang sedang dilanda keterpurukkan....
Tulisan ini tercipta bukan untuk menyinggung atau menyakiti perasaan yang lain...hanya sekedar luapan perasaan yang semakin penuh dengan keengganan untuk lebih tahu tentang negeriku. After all, that is my own country...

9 Comments:

  • aku doain cepet sembuh ya bwat hamamah..

    By Blogger amellie, at 12:19 PM  

  • cerdas...hamamah akan menjadi asset negara, pembangun negeri kita yang tercinta..mudah2an .

    By Blogger munir's family, at 1:27 PM  

  • Tahniah kerana Ina mempunyai seorang anak yg dari kecilnya berfikiran kritis ...semoga mereka berjaya menjadi insan yg mulia utk negara & agama..InsyaALLAH
    Selamat Hari Raya Aidil Fitri untuk Ina sekeluarga dari kami di Malaysia.
    Tidak pulang ke kampung menyambut Aidil Fitri ??

    By Blogger inaKL, at 3:08 PM  

  • Bapaknya Wawa sering lho cerita tentang kecerdasan dan kepintaran Hamamah, sangat kritis !!
    Alhamdulillah ikut kagum...semoga semakin terasah ya...biar Indonesia nanti punya calon pemimpin yang tangguh...

    Salam sayang buat Nurul dan Hamamah...

    By Anonymous Eva, at 6:07 PM  

  • hebat, Hamamah pinter & kritis bgt, padahal baru 7 tahun ya :).

    salam kenal teh Ina, saya member WSAB juga ;).

    By Anonymous yanti, at 10:51 AM  

  • MashaAllah, MashaAllah...cerdasnya Hamamah. tp emang bingung ya ngejelasin ke anak yg kritis gtu, Mbak In...krn mrk msh polos bgt, blm ngerti klo ky gtu lah hidup (walopun hrsnya gak gtu *sigh*)

    By Anonymous Ria, at 12:47 PM  

  • cepet sembuh ya Hamamah, waah pinter bgt ya.. sdh bisa kritis dan analisa kasus.. hebat
    Maaf lahir batin jg, ku-link di blog pyku yaa..

    By Blogger Mamahoney, at 10:36 AM  

  • duuh..subhanallah Kakak pinter ya..:)
    gimana rencana lebaran di brisbane?

    By Blogger emaknya iffah, at 10:15 PM  

  • Lagi kena flu ya..sama neh ma Akbar hidungnya meler terus. Semoga cepet sembuh aja yah..

    Duh..ngga nyangka neh kecil2 bisa berpikir begituh yah..sering diajarin mikir yah sama ortunya hehe..entar kalo dah besar mo jd kritikus yg baik ajah ya say..hehe

    By Blogger widie, at 5:43 AM  

Post a Comment

<< Home