Sunday, October 02, 2005

Kunjungan

University of Queensland mempunyai beberapa kampus yang lataknya agak berjauhan, diseusiaka dengan fakultas yang ada. Kami tinggal di daerah kampus utama di Brisbane, atau St Lucia. Ada lagi UQ di Ipswich, dan UQ di Gatton.
Salah seorang kawanku tinggal di Gatton, dulu kami pernah satu kota di Armidale, NSW saat para suami mengambil master d University of New England. Setiap kami bertemu di Brisbane tentunya, dia selalu berpromosi tentang kota Gattonnya.
Salah satunya tentang segala kemurahan harga dibandingkan dengan Brisbane. Rumah murah, biaya hidup juga lebih murah karena disana daerah pertanian dan peternakan, jadi yang namanya sayuran, buah, dan bahan pokok lainnya sangat murah dibandingkan dengan kota kami tinggal.

Minggu depan kawanku ini akan kembali ke Indonesia karena telah menyelesaikan sekolahnya. Kemarin, hari Sabtu kami mengunjungi mereka bersama beberapa kawan, kami berangkat dengan dua mobil yang berisi 3 keluarga dan satu single.
Perjalanan dimulai sejak jam 10.35, dan disepanjang jalan yang gersang, dan sangat panas sekali waktu terasa lama sekali. Perjalanan sepanjang 100 KM dari Brisbane akhirnya sampai juga pada jam 11.35, satu jam pas.
Di sepanjang perjalanan kami perhatikan bayak sekali toko sayuran dan buah yang bersaing menawarkan harga yang paling murah. Kami sangat tertarik dan berencana untuk berbelanja saat pulang nanti...

Sesampainya di rumah mbak Ina (sama kan ?) dan keluarganya, kami langsung dihidangkan buah-buahan yang sangat segar dinikmati saat hari panas sehabis menempuh perjalanan jauh, lalu diteruskan dengan makan siang. Setelah itu, kami hanya mengobrol, anak-anak bermain dihalaman yang luas, di depan dan dibelakang rumah. Rumah dengan tiga kamar, fully furnish, gudang diluar yang cukup besar, garasi yang luas, hanya disewakan seharga $130 per minggu, untuk ukuran St lucia, atau Brisbane ? sangat jauh, dan rasanya tak akan kami temukan rumah seperti iu dengan harga yang murah.
Di Brisbane, untuk sebuah unit, satu kamar fully furnish, biasanya disewakan $200 per minggu.
Untuk soal murah, kami setuju, namun saat membayangkan daerahnya yang sangat gersang, dimana-mana hanya padang rumput tempat ternak berkumpul...tidak banyak pohon-pohon rindang seperti disini...rasanya kami lebih memilih untuk tetap tinggal disini...

Sebelum pulang ke Brisbane, mbak Ina membagi-bagikan barang-barang yang suda tidak dia perlukan lagi, otomatis, bagian belakang kedua mobil sangat penuh dengan berbagai barang, dari buku sampai sepeda anak-anak...dari baju sampai selimut untuk winter...Alhamdulillah.

Sejenak kami mampir disebuah toko buah dan sayuran, sekalian berbelanja untuk kebutuhan bulan puasa yang tinggal beberapa hari lagi. Aku dan tiga orang ibu rumah tangga lainnya sangat antusias berbelanja bebagai sayuran yang murah. Yang paling menarik adalah saat kami berbelanja cabe merah,harganya hanya $4/kg, biasanya kami membeli cabe merah di brisbane paling murah adalah $9/Kg, mumpung murah, tak biasanya aku membeli sebanya hampir satu kilo, terbayang ingin membuat sambal goreng kering kentang buat bulan ramadhan...

Alhamulillah, perjalanan panjang selama satu jam akhirnya berakhir dengan selamat sekitar jam 7 malam. Semua lelah, anak-anak langsng tidur setelah mereka selesai makan malam.

3 Comments:

  • waah, pasti enak itu...sambal goreng kering kentang utk sahur =D

    Mbak Ina...slamat mjalankan ibadah shaum ya. Mohon maaf lahir batin klo komen2 saya ada yg gak ngenakin. Smoga Ramadan mpertinggi keimanan qta utk mjadi naas yg lbh baik dimata Allah swt...amin

    By Anonymous Ria, at 8:20 AM  

  • Adeuh, ieu nu balanja? promosi Gatton euy! Sakalian we atuh urang fruit picking di gatton yu! Nanti titip cengek atuh.

    By Anonymous Afi, at 3:29 PM  

  • Selamat Menyambut Ramadhan buat Ina sekeluarga....
    semoga ceria menjalaninya walaupun berada di perantauan

    By Blogger inaKL, at 6:08 PM  

Post a Comment

<< Home