Friday, January 20, 2006

1'st day...

Kemarin hari pertamaku bekerja, bener-bener pertama kalinya seumur hidupku. Hari itu aku sempet deg-degan banget, nervous gitu. Segala bayangan datang silih berganti dalam fikiranku, sampai malam sebelumnya pun mimpinya soal pekerjaan ini.
Hari pertama ini aku masuk jam 5.30, anak-anak ikut nganterin sama abinya. Aku berusaha mneghilangkan rasa tidak tenang yang semakin hadir saat kami sampai di parkiran, mencoba menghilangkan ketegangan yang tiba-tiba kurasakan saat kulangkahkan kaki menuju restaurant tempatku bekerja.

Alhamdulillah ketegangan itu hilang juga akhirnya saat aku mulai menikmati tugas-tugas yang memang pada dasarnya adalah seperti pekerjaan sehari-hariku di dapur. Bedanya, sekarang aku bukan berada didapurku, tapi di dapur sebuah restaurant, yang tentunya jauh lebih besar dengan dapurku sendiri.
Restaurant Indonesia yang dibuka sejak 3 tahun lalu di deket University of Queensland ini memang tidak besar, tapi ruangannya cukup menampung 6 meja ukuran untuk 4 orang , dan 6 meja lagi di teras depannya.

Tugasku disini bisa disebut merangkap semua hal, menyiapkan semua makanan saat order datang, menyajikannya ke meja pembeli, sampai mencuci piring saat toko tutup pada jam 9.
Dan hal tersebut bukan hal yang baru bagiku mengingat dulu aku harus PKL di bidang jasa Boga sebagai bagian dari proses menyelesaikan kuliahku di Tata Boga dulu. Hampir semua kegiatannya adalah sama, kesibukkannya pun sama, yang berbeda adalah jenis restaurant atau tenpat dimana aku bekerja.
Dulu karena pkl di hotel, makanan yang harus dipersiapkan pun sangat beragam, mulai dari nasional, Oriental sampai continental food, dari makanan kecil sampai makanan besar, dari kue-kue kecil sampai membuat roti, dari sarapan biasa sampai buffet...dan lain-lain.

Biarpun saat ini aku berada di dapur sebuah restaurant Indonesia, tetap bayak hal-hal yang harus kupelajari dari awal, mulai dari penyajian sampai jenis-jenis dari menu yang satu ke menu yang lainnya. Sempat bingung karena belum terbiasa dengan tempat penyimpanan, belum hafal dengan pelengkap yang harus disajikan dalam suatu hidangan. Buatku yang masih membuat bingung saat ada menu Nasi rames, Nasi uduk komplit....karena makanan penyerta nasi-nya belum kuhafal semua. Contohnya...
- untuk menu nasi uduk komplit, makanan penyerta nasinya ada rendang, sambal goreng kentang+ telur, plus kerupuk. Tapi kalau ada yang tidak suka rendang, biasanya diganti dengan ayam bumbu bali. Jadi saat menerima orderan, aku harus memperhatikan betul perubahan yang ditulis kecil, dan belum familiar denganku tersebut.
-Porsi makanan pun beragam dan harus diperhatikan, kalau ada pesanan nasi uduk set, ukuran untuk rendangnya sangat berbeda dengan takaran untuk menu nasi rendang biasa. Makanan yang dimakan di tempat berbeda juga dengan makanan yang dibawa pulang atau take away, tetapi bukan dengan cara mengurangi porsinya tentu...dan lain-lain.

Banyak hal baru yang kuperlajari hari ini, dan banyak hal lain juga yang kuingat dari sisa-sisa teori yang kupelajari selama kuliah dulu. Walaupun sudah lama berlalu, namun beberapa tehnik yang dulu kupelajari dapat kuterapkan disini. Dan kadang ada juga beberapa hal yang membutuhkan waktu lama untuk kuingat karena memang sudah sejak 97 tidak pernah kupelajari lagi. Seiring berjalannya waktu, memang banyak hal yang lain dengan segala teori yang pernah kudapat, namun dengan ketelatenan untuk kembali belajar, rasanya bukan sesuatu yang sulit untuk dicoba lagi.

Alhamdulillah hari pertama ini berlalu dengan baik dan lancar, tanpa terasa waktu berjalan cepat, aku pulang kerumah sekitar jam 10.30, diantarkan oleh pasangan suami istri yang jadi bos-ku. Mudah-mudahan juga kesan tentang diriku dihari pertama bekerja ini baik dimata mereka.

Thanks buat semua do'a dan segala dukungan teman dan sahabat buatku...

13 Comments:

  • Met kerja Bunda Ina....
    Semoga selalu diberikan kemudahan ya...Take Care selalu

    By Anonymous Mbu Naufal, at 4:19 PM  

  • Wah, selamat ya. Semoga selalu lancar dan sukses.

    By Blogger ~tanty~, at 4:44 PM  

  • besok2 foto yaaaa..
    pengen liat..
    hihihhi

    By Blogger BundaZidan&Syifa, at 5:17 PM  

  • Selamat yah Teh...sukses selalu, jangan lupa keep blogging and smocking... Gaji pertama mo dibeliin apa nih? Hihihi

    By Blogger Mama-Cat, at 7:27 AM  

  • waa...sukses ya...ngga usah grogi deh biasa awal2 kerja emang begitu tp setelah dua tiga hari enjoy...hehe

    Semoga bisa bagi waktu antara kerja dan anak2 di rumah ya..jangan sampe terlupakan hehe...selamat...

    By Blogger widie, at 1:00 PM  

  • selamat..selamat..go..go..kamu bisaaaa...

    By Blogger Latief, at 3:20 PM  

  • Selamat Bekerja Ina ....

    Semoga dapat memikul segala tanggungjawab dgn baik dan seimbang sehingga tiada yg terabai... InsyaALLAH
    Dan Semoga diberi kemudahan oleh ALLAH swt.
    Also jgn lupa .. jaga kesihatan diri. Jgn sampai terlalu lelah.

    By Blogger inaKL, at 12:29 AM  

  • alhamdulillah semuanya lancar..!! met kerja aja yah mbak :)

    By Blogger amellie, at 5:25 PM  

  • semoga dihari2 mendatang semuanya lancar2 aja yach mamee.... banyak istirahat klo dirumah, soalnya pernah ngerasain kerja direstoran wtk di perth dulu....cuapek mamee!!

    By Anonymous mamaX Qs, at 2:30 PM  

  • wah..selamat Teh Ina semoga lancar selalu.. Amin

    By Blogger Kartina Mutien, at 6:01 PM  

  • waaa..enaknya kerja di resto indonesia,jadi pingin nyicip mulu gak,teh?hehehe

    By Blogger emaknya iffah, at 6:17 PM  

  • wah sama tuh bunda kaya aku, dulu tiap kali ganti kerjaan terus hari pertama masuk pasti dengkulku gemeteran kekeke

    enak ya kerja diresto indo, tiap hari bisa bau masakan, tadi nina baca aja udah jadi laper nih :D

    By Anonymous NiNa, at 7:37 PM  

  • Teh Ina...gambatte ya!!! Yang semangat ya Teh!!! mudah-mudahan semuanya berjalan lancar :)

    By Blogger ira i, at 11:26 AM  

Post a Comment

<< Home