Thursday, January 26, 2006

SCRAP BOOK

Pertama kali tau istilah scrap book sejak pertama kalinya sampe kesini. Sebenarnya waktu di indo dulu emang suka dan hobi foto plus ngotak-ngatik hasilnya. Sampe sekarang setiap mudik kerumah ortu di Bogor, kumpulan album-ku sejak SMP yang aku buat scrap book masih ada dan lumayan banget buat alat bernostalgia,mengenang masa kecil, masa abg, masa kuliah, dan lain-lain. Dan yang pasti, sangat senang saat melihat hasil karya dulu itu masih terjaga rapi. Hobi ini kudapat dari bapakku yang hasil karyanya juga masih bisa dilihat sampai sekarang dilemari bukunya.

Semenjak melahirkan anak pertamaku, kegiatan foto yang seadanya makin kusukai. Hasilnya ? berpuluh-puluh lembar foto bertumpuk dalam box foto. Karena sebagian besar kegiatanku adalah dirumah, menjaga anak terutama, kadang waktu yang ada mulai kuisi dengan mengumpulkan beberapa foto, mengelompokkannya dengan berbagai tema, menghiasnya, dan menyusunnya sehingga menjadi sebuah album yang spesial.

Apalagi, pernak-pernik yang menunjang hasil yang bagus untuk sebuah scrap book sangat mudah didapatkan disini. Kadang aku mempergunakan sisa kain, kancing, stickers, gambar-gambar kartun, atau gambar dari kertas kado yang kugunting untuk menambah penampilan yang bagus tapi murah, namun tidak mengurangi keindahan hasil sebuah peristiwa atau tema dari foto-foto tersebut.

Sampai lahir anak kedua, hobi tersebut masih ada, namun karena keterbatasan waktu yang ada, foto-fotonya tidak sebanyak anak pertama, namun tetap kubuatkan hal yang sama, sehingga tidak menimbulkan kesenjangan diantara keduanya.
Scrap book yang kususun sejak 1998 ini selalu ikut kemanapun kami pergi dan berpindah tempat. Dan hasilnya sangat terasa menguntungkan dan menggembirakan. Tanpa perlu membawa semua foto, perwakilan dari sebuah peristiwa sudah ada dalam scrap book tersebut.

Seringkali saat kami rindu akan keluarga di Indonesia, atau sekedar mengenang masa-masa lalu, kami selalu membuka kembali koleksi kami tersebut. Apalagi sejak tahun lalu Hamamah sekolah, dan mulai dengan segala projectnya, foto-foto dalam scrap book tersebut sangat berguna untuknya.
Contohnya, dulu dia ada project tentang My big family. Foto-foto dalam album yang memang sudah dikelompokkan menjadi beberapa tema , mempermudahnya menceritakan projectnya tersebut, tentang kakek neneknya, tentang om dan tantenya, tentang sepupu-sepupunya, dan lain-lain.

Mulai minggu depan, si kecil Nurul pun mulai diajarkan untuk mempresentasikan sebuah project kecil-kecilan, dia ditugaskan untuk bercerita dengan tema " Now I'm a big girl...!"
Seperti biasa, cerita tersebut harus dilengkapi dengan foto-foto yang menunjang tema yang dapat memudahkan dia untuk bercerita dengan baik. Sebuah tantangan yang baru buat Nurul yang baru 4 hari ini bersekolah. Mudah-mudahan foto-foto yang telah kususun dapat bermanfaat buat dia, seperti yang Hamamah alami.

Sampai saat ini, cover dari semua scrap book yang kususun sudah mengalami pergantian beberapa kali, karena di setiap kepindahan kami, covernya selalu kami tinggal karena berat, dan kembali kami ganti dengan cover yang baru...yang penting isinya tetap dapat kami nikmati di setiap saat, dimanapun kami berada, sekedar pelepas rindu pada orang-orang tercinta dan sekedar kembali ke masa lalu untuk beberapa saat...

11 Comments:

  • duuuh teteh satu ini..rajinnnn pisan..

    By Blogger emaknya iffah, at 12:22 AM  

  • ihh bagus2 naaa
    saya mah dulu yah foto teh bawahnya ditempelin tulisan di koran, jadi bodor2 gitu hihihi

    By Blogger Ophi, at 4:30 AM  

  • rajin pisan teh, kreatif bgt. bermanfaat lagi ya :)

    By Anonymous yanti, at 9:56 AM  

  • aku juga paling suka foto2, dimana aja dan kapanpun aku selalu pengen foto2, terutama fotoin si kecil :) ktia jadi punya koleksi foto banyak banget dan hampir semua peristiwa ada fotonya. sangat bermanfaat banget kalau pas kita liat tuh yah... bisa ketawa2 sendiri.

    salam buat anak2 yah

    By Blogger lucy, at 12:33 PM  

  • Bundaaaa bagussss mau dongs !!!!

    By Blogger Mbu, at 1:31 PM  

  • Bunda Ina... coba kalo tinggalnya dekat ama nina, bisa pesen dibuatin satu :P hehehe.

    By Anonymous nina, at 6:01 PM  

  • Rajin amat sih Ina. Banyak idenya, kreatif sekali ..
    Aku juga jadi pengen bikin nih, cuma kok kayaknya gak pernah ada waktu luang. Punya batita emang repot bgt.

    By Blogger ~tanty~, at 6:22 PM  

  • Menarik idea nya ina ...
    Terima kasih beri saya idea utk projek tahun ini ... :)

    By Blogger inaKL, at 7:49 PM  

  • alhamdulillah...saya mau ngikutin ah..beberes album terus di pisah2 ya satu tema ..terus di unak anik..jadi aja nanti akan tampil cantik...hi..hi...halal ditiru ya in ?...

    By Blogger teheva, at 9:02 PM  

  • mbak ina, foto lama mah harus di simpan baik2 buat kenang2an, aku juga di simpan di kardus...? hehehe, kalau mau lihat2 kan tinggal bongkar aja..kayak nya mbak ina jago masak nih..kapan nih undang kita sekeluarga makan2..!! sambil kenal sm keluarga besar mbak ina...salam mbak dr qatar

    By Blogger john hendra, at 4:35 PM  

  • Hello! I'm newbie in Internet, can you give me some useful links? I know only about Yahoo [url=http://yahoo.com]Yahoo[/url] http://yahoo.com Yahoo

    By Anonymous Anonymous, at 8:44 AM  

Post a Comment

<< Home