Friday, June 02, 2006

"Anak Hilang ...???" @#$%^&*

Berkenaan dengan rencana kepulanganku bulan depan ke Indo, beberapa hari terakhir ini Hp-ku tak pernah lepas dari bunyi sms yang datang bergantian dan dalam jarak waktu yang berdekatan. Berita singkat yang dikirim oleh sanak saudara di berbagai tempat yang isinya pun hampir sama semua. Apalagi kalau bukan menanyakan kebenaran akan berita rencana liburanku bulan depan itu dan hal-hal lain yang berhubungan .

Seneng sih bisa berbagi berita gembira pake disisipin do'a mudah-mudahan semuanya lancar gitu...cuma ada juga kata-kata yang aku kok jadi ngerasa aneh gitu pas bacanya.
Berikut petikan sms yang bikin aku mikir :

"....bener si anak hilang mau liburan?"
"....jadi kapan sampe Indo-nya nih anak hilang?"
"....akhirnya ada juga kesempatan buat ketemu lagi sama si anak hilang...:"

Kata-kata yang aku tulis pake miring itu kok rasanya bikin gatel kupingku gitu. Ada nada protes dari hatiku pengen nanya kenapa aku dibilang si anak hilang ? kan jadi kepikir gitu kalau selama ini aku dianggap udah hilang dari peredaran, emangnya aku udah gak ketentuan dimana rimbanya kali ya?

Tapi setelah rada-rada tenang dan kayaknya bisa mikir lebih jernih, mencoba melihat kata-kata itu bukan seperti yang aku bayangkan sebelumnya, tapi mencoba mencerna bahwa kata-kata itu sebagai luapan rasa kangen mereka selama ini padaku. Dan setelah aku mikir lebih jauh lagi, gak salah juga jika sebutan "anak hilang" akhirnya menempel pada diriku...

Tahun ini adalah tahun ke 9 aku berada jauh dinegeri orang, sejak menikah sampai mempunyai anak-anak seperti sekarang. Pulang ke Indonesia dalam kurun waktu sembilan tahun itu, hanya bisa kulakukan 4 kali (Alhamdulillah) dan dalam rentang waktu yang berjauhan. Rasa rindu yang awalnya begitu memuncak (home sick) lama-lama pudar termakan waktu dan kesibukkan yang dibuat sendiri dalam rangka menepis semua rasa sepi tanpa sanak keluarga.

Dari pasangan muda yang baru saja menikah dan hidup dalam lingkungan yang benar-benar baru sampai menjadi orang tua dari anak-anak kami. Dari mulai belajar memahami diri masing-masing yang penuh dengan warna, sampai belajar bersama berdua saat dikaruniai anak pertama dan kedua, jauh dari mereka yang kami harapkan kehadirannya di saat-saat penting dalam kehidupan kami.

Siapa yang gak mau merasakan indahnya berkumpul bersama sanak keluarga lain seperti di Indonesia ? buat orang yang merantau seperti aku dan teman-teman lain, dimanapun mereka berada, keinginan seperti ini selalu ada.
Namun banyak hal yang menjadi prioritas lain buatku, banyak hal lain yang harus dipertimbangkan.

Banyak hal yang terlewati dan tidak aku hadiri, namun aku pun tak pernah menyesali garis hidup yang harus dijalani disini. Justru sebaliknya, aku selalu bersyukur akan "kesempatan" yang datang silih berganti ini.

So...akhirnya aku pikir, biar aja deh mereka bilang aku ini si anak hilang, aku juga yakin mereka tidak bermaksud menyakitiku..dan rasanya aku juga gak perlu protes atau ngerasa aneh dengan kata-kata yang masih hadir (lagi) dalam sms-sms berikutnya...

11 Comments:

  • Ntar kalau lagi di Indo..., jangan2 teman2 di Ausie gantian sms....'... kapan balik anak hilang'? hehehe....

    Bentar lagi ya mudiknya? Insya Allah lancar ya... Met berlibur.. Salam buat pak JM dan keluarganya kalau ketemu nanti ya.

    By Blogger putri, at 1:27 PM  

  • InsyaAllah tgl 17 juni ini mbak...do'ain ya

    By Blogger Ina, at 1:46 PM  

  • Kan ada lagu nya teh...Pergi untuk kembali..xixxi...
    pasti heboh sureboh ya teh..mudiknya jauh tea deui...mudah2an lancar, semuanya sehat dan selamet ya teh...

    By Blogger Irma dan Anne, at 2:07 PM  

  • Pami ka Bdg urang kopdar nya Teh, hoyong pendak sareng anak hilanh hihihihi *kabur*

    By Anonymous Dinny, at 2:57 PM  

  • iya niy si "anak hilang", ke mana aja teh gak pernah keliatan? *hihi...* besok senin qta borong makanan yg banyak yuks! selain buat charity kan qta juga bisa cuti masak 2 hari. kqkqkq...

    By Blogger Evie, at 3:18 PM  

  • Setiap hal yang terjadi dalam hidup kita ini pasti ada maksud dan hikmahnya. Jadi ambil segi positif nya aja. Aku setuju dengan pendapatmu bahwa kata2 itu adalah ungkapan rasa kangen mereka karena udah lama banget gak ketemu.

    Selamat berlibur Ina and have a wonderful time there.

    By Blogger ~tanty~, at 5:55 PM  

  • hehe.. anak hilang ya, nasib.. nasib..

    Oh iya Na, check imel yaa.. maaf kemarin ga sempet..

    By Anonymous Tina, at 7:19 PM  

  • Anak hilang yang kembali... begitu ya teh kira2 judulnya :D, mudah2an liburannya menyenangkan yak... n selamat sampe di tujuan... hehehhe

    By Blogger Nunik, at 8:01 PM  

  • Teteh...
    Gege mau nomer HP teteh yg di Aussie dong..biar bisa sms-an juga..
    Ntar kalo di Indo juga biar tetep bisa sms-an atau malh tilpon2an kali yah?

    By Blogger Gege, at 2:13 AM  

  • teh met liburan yaa mudah2n mengobati rasa rindunya yg memuncak minimal bisa fresh ga home sick lg hehehh jadimau euy hiks...jgn lupa bawa oleh ya .lho? hihihihi aku dimana teteh dmana nya teh hihi dasar

    By Blogger Ica Dimyati, at 10:06 AM  

  • Teh Ina, si 'anak hilang' jd mudik nih? Wah, met mudik ya..Jgn lupa kirim oleh2 ke rumah Nia hihihi

    By Anonymous Nia, at 8:15 PM  

Post a Comment

<< Home