Monday, June 12, 2006

"Jungkir balik"

Bicara soal hobi atau kesenangan seseorang tentu sangat beragam jenisnya, ada yang sama namun banyak juga yang berbeda. Kali ini aku cuma pengen nulis soal hobi yang udah bisa bikin "jungkir balik" beberapa orang yang aku kenal.

Jungkir balik disini, maksudnya kegemaran yang bisa merubah sesuatu hal, dari yang gak suka menjadi suka, dari yang gak pernah jadi keseringan.

Hal ini tiba-tiba aja terbesit saat beberapa kali kutemui hal yang baru dalam jalan cerita hidup seseorang. Dan sungguh aku sampe terkagum-kagum sendiri ngeliat ternyata banyak bener temen-temen yang mengalaminya.

Sebagai contoh, siapa sangka Inong yang jago masak itu padahal seorang arsitek coba ? aku sendiri, dan beberapa temen nyangka dia kuliah di perhotelan atau sejenisnya gitu. Dan kata beliau, di postingannya, dari Mutoh ke Kenwood (dari merk meja arsitek ke merk mesin mixer), hobinya ini mengalahkan teori bikin gedung kayaknya.

Ada lagi temenku seorang designer, dia tekun banget belajar soal ini, tapi sekarang dia malah bisnis kecap, semua teori tentang busana bener-bener udah dilupain, gara-gara dia nyoba-nyoba bikin kecap sendiri, alhasil sekarang dia malah seneng bacain soal memperluas bisnis dengan kecapnya tersebut.

Terus, ada lagi temen yang pas kuliah dulu ngambil elektronik (cowoq), sekarang malah usaha catering, itu karena dia hobi masak. Dan aku juga yakin masih banyak lagi cerita soal berubah haluan kayak beginian, malah bisa menguntungkan, biarpun usaha kecil-kecilan tapi InsyaAllah bisa bermanfaat buat semua.

Sama halnya dengan yang terjadi pada diri sendiri, hobi menjahitku juga telah merubah teori-teori yang pernah kudapat sebelumnya di bangku kuliahan, dan Alhamdulillah sekarang bisa buat nambah-nambah dapur ngebul.

Awalnya aku gak pede buat mulai bisnis baju anak-anak ini. Awalnya aku cuma suka bikin buat temen yang ngelahirin sebagai kado, atau hadiah ulang tahun buat anaknya (kalau buat Hamamah sama Nurul sih udah pasti ya).
Soalnya aku gak pernah belajar jahit secara khusus, yang aku tau cuma ngejahit yang lurus-lurus aja. Terus terang, aku beneran gak pede abis, berkat dukungan dan semangat dari banyak orang aku mulai nyoba-nyoba bikin untuk dijual. Dan seiring waktu berjalan, karena terbiasa, rasa percaya diri itu semakin ada dan makin bermanfaat banget.

Dari awal belajar soal smocking, aku memang udah punya niat untuk usaha rumahan. Sempet stop juga karena pindahan, dan aku gak bisa bawa peralatan perangku, namun pas kita memutuskan buat kesini lagi, aku bela-belain bawa, walaupun pada saat itu cuma kepikir buat ngisi waktu luang aja dengan bikin baju buat anak-anak. Alhamdulillah berkat kepercayaan yang diberikan beberapa kawan, aku jadi semangat untuk belajar lebih banyak soal ini....so, gak ada salahnya kan untuk terus belajar terus ?

Ini cuma sebagian kecil cerita soal jungkir baliknya hobi seseorang, aku yakin masih banyak lagi cerita yang sama, dan masih banyak lagi mereka yang mengalaminya. Dan apapun pekerjaan atau hobi yang digeluti sekarang pasti akan bermanfaat buat yang memerlukan.

Satu lagi soal "jungkir balik" akhir minggu kemarin. Makasih banget buat dukungan dari temen-temen buat konser Hamamah-nya, namun dengan sangat menyesal, dan sedikit sebel, hari Jum'at kemarin aku dapet surat (lagi) kalau konser biola Hamamah diundur lagi ke tanggal 20, Selasa depan....boleh keki kan?

Tapi yang lucu....Hamamah cuek aja, pas aku tanya, dia bilang:
"The school is so silly, they always changing the date. There is no guarantee they won't change the schedule again, so I dont care...!"
Umminya speechless, gak tau musti bersikap gimana...^:^

Disisi lain masih keki sama sekolahan, disatu sisi lagi mau ketawa ngedenger jawaban Hamamah yang datar begitu. Tapi yang pasti legaa, soale dia gak nyalahin aku gitu.

So, buat tante-tante, adik-kakak, mohon maaf, gak bakal ada foto-foto konsernya ya. Do'a in aja InsyaAllah masih ada kesempatan lain buat acara kayak ginian.

19 Comments:

  • Namanya hobbi memang bisa mengalahkan pekerjaan, studi, dan lainnya... Nonton bola aja bisa jd dibela2in begadang dan besoknya kerja ngantuk kok. hehehe..

    Cari ilmu kan apa aja mbak... :)
    Selamat menjahit lagi ya.... Sapa tahu ntar jd desainer kondang ;)

    Selamat mudik ya... duh lupa kapan sih terbangnya?

    By Blogger putri, at 6:33 AM  

  • teh ...lucu ya hamamah komennya hihi lucuu pisan , salam sayang ya ..eh anak2 udah ngoceh& nyiapin donk mo bawain apa buat sodara2nya disana ? hihi seruuuu...dah berapa koper neey? hihi

    By Blogger Ica Dimyati, at 10:22 AM  

  • bener mbak, banyak temen yg sukses karena hobi, temen kita Maya si sensei origami, juga salah satu contohnya,..lha hobiku opo?
    jadi cheerleader aja lah,..hi hi,..buat hamamah, maybe next time ya, jgn kuatir

    By Blogger Noenoe, at 11:40 AM  

  • hehehe aku sih jungkir baliknya ga kebangetan, cuma nyeleweng dikit dari elektro ke software :D. semua krn hobi ;)

    By Anonymous yanti, at 12:03 PM  

  • Wah tapi walo ngakunya gak bisa jahit smock-nya teh Ina bagus euy... ampe mo mesen neh.. "Twink.. twink"

    By Blogger Nunik, at 1:14 PM  

  • Teh, aku juga pengen jungkir balik nih tapi masih belum kesampean. Dulu kuliah di bidang ekonomi sekarang sih pengennya jadi ibu rumah tangga. Hee..hee.. Kalo itu nggak jungkir balik ya? Emang udah kodrat. Pengen banget jadi FTM..

    By Anonymous Dhona, at 1:19 PM  

  • Yah .. gak papa. Nanti2 pasti masih ada konser2 berikutnya. Yang penting Hamamah gak kesel dan gak nyalahin dirimu, hehe.

    By Blogger ~tanty~, at 5:06 PM  

  • yang pasti kita harus memuntut ilmu kan tah..??..selanjutnya masa depan kan memang tergantung niat, usaha dan nasib kita...

    Buat Hammamah...salut banget dengan jawabannya...pintar deh....

    Met balik kampung ya teh...

    By Anonymous mama raushan, at 5:13 PM  

  • alah hasil jungkir balik teh ina mah meni 'cool' eta smock2an nya teh ina lalucu pisan ...

    Aduh mudah2an engke mah cios atuhnya eta koser teh ... naha diundur2 wae ... kagak balek pisan nya hehehehehe ....

    By Blogger Momy De' Vieto, at 6:39 PM  

  • Benre juga ya..kadang2 pendiidkan formal yg qta dpt malah ga dipake. Utk kakak Hamamah, sabar aja ya..Sekolahnya emang silly :)

    By Anonymous Nia, at 9:39 AM  

  • waduh...kok ga pasti gitu ya jadwalnya teh? bikin si teteh keki jadinya :) yang sabar ya teteh...

    hobinya asik teh ina, mau dong dibikinin, hehehe....

    By Blogger Mama Zaza, at 1:53 PM  

  • Pokona mah ditunggu ku sayah reportase konsernya okey!!
    Teh Ina, fotoin yg bagus yaaaa!!!....kok jadi saya yg gak sabar nunggu konsernya sih?!

    By Blogger ira i, at 11:25 AM  

  • yah kok sayah teu punya hobi yang menguntungkan ya hehe jadi isin.

    ayo..ayo nyang mo pulkam bawaan masukin koper.

    By Blogger Lia, at 12:50 PM  

  • yaaaa...*sedih* hamamah gak jd konser donk? padahal pen bgt liat foto konsernya klo jadi!

    By Blogger farrel's mom, at 3:37 PM  

  • teh...shout box error :( "hugs" buat hamamah ya..jangan sedih :D
    tante juga keki nih..pdhal udah nungguin potona ih..

    By Blogger sefawkes, at 5:40 PM  

  • boleh juga nih teh, hobi jadi duit,..mangga atuh

    By Blogger Bunda Raihan, at 7:23 PM  

  • Aduh...saya jadi pingin jungkir balik juga nih

    Dari kuliah di kedokteran..ngelanjutin ambil spesialisasi penyakit mata...terus sekarang pingin banget jadi Full Time Mom :-)

    Doakan "jungkir balik" saya ini ya :)

    Bunda Shafiya

    By Blogger Keluarga Zulkarnain, at 11:17 PM  

  • Haduh Ina..pa kabar?? Sori baru nongol lagii..Bagus pisan blog elo..;)

    asik juga loh kalo bisa jungkir balik gitu..gw juga udah jungkir balik Na..kekekekk..cuek bebeklah yg penting halal en laku yak ;)

    By Anonymous yulia, at 7:32 AM  

  • Salam ina, hobi yg akhirnya menjadi pekerjaan yg mendatangkan income, itu pastinya memberi kepuasan yg tidak terbanding.
    Soal konsert, semoga tidak tertunda lagi,mudah-mudahan Hamamah tidak kecewa lagi..Salam ceria buat Hamamah :)

    By Blogger inaKL, at 5:30 PM  

Post a Comment

<< Home