Monday, October 09, 2006

Mellow

Hari ini tiba-tiba aja feeling blues deh, keinget sama ortu di Bogor sana, terutama ibuku. Tiba-tiba jadi mellow pas aku di dapur masak buat acara hari ini. Btw, hari ini kita kedatangan tamu dari Indonesia, bapak Tolhach Hasan, mantan menteri agama kabinetnya Gus Dur.

So, rumahku ketempatan buat buka puasa beliau hari pertama, sejak pagi kita dah siap-siapin buat acara ini. Soal masak, Alhamdulillah banyak temen yang bantuin juga, kita bagi-bagi masaknya. Aku sendiri kebaian rendang, es teler sama kue-kue (foto nyusul ....)

Nah pas aku lagi masak itulah aku keinget bundaku, keinget waktu dulu blio ngajarin aku bikin rendang dan lain-lain. Keinget juga sama bandelnya aku kalau pas diajarin, biasanya suka gak mau dan kabur-kaburan buat nolongin blio di dapur. Atau kalaupun pas emang didapur, aku suka ngedumel (dalam hati) karena kudu berkutat sama bawang and the gank.

Kenapa ?
Ibuku punya catering kecil-kecilan, buat hajatan tetangga deket-deket. Tau kan catering jaman dulu ?( jaman dulunya aku pas taun 84-an deh) masih manual banget, masih pake ulekan, atau disuruh marut kelapa plus diperes jad santen...duh, kalau bisa, aku mendingan enggak deh.
Hal itu berlangsung sejak aku SD sampe aku abg, smp tuh...Kadang malu juga pas ke sekolahan siangnya, tanganku masih bau bawang, dan pernah ada temen yang ngeledekin, makin bete banget perasaanku.

Tapi biarpun begitu, lama-lama aku malah akhirnya terbiasa dengan segala kegiatan ibu tersebut, abis hajatan orang, kita kudu meriksain piring gelas yang disewain, takut ada yang retak. So, waktu berjalan terus sampe akhirnya ibuku berhenti catering makanan, dan beralih bisnis kue kering buat lebaran.

Yang namanya bulan puasa, sejak hari pertama, kita udah mulai megang mixer,nimbang kue, masukin kue ke toples, kasih selotip, dll...sampe dua hari sebelum lebaran, kita stop dan mulai sibuk bikin makanan lebaran.

Dulu aku cuma mikir, enak aja setiap lebaran dapet jatah buat beli baju baru, gak kepikiran darimana ortuku dapet uang buat belinya. Lama kelamaan, sesuai dengan peningkatan usia juga, malah aku yang malu kalau masih dapet jatah buat baju, dimana rasanya kebutuhan ortuku juga masih banyak lagi.

Sekarang, dimasa tuanya seperti ini, ibu yang sakit-sakitan gak pernah lagi turun kedapur seperti dulu. Dan aku juarang banget nunjukin hasil training bliau sama aku dulu, kapan ya terakhir aku masakin ibu bapakku?

Dan yang pasti piring ,gelas, panci gede-gede, bekas catering nya ibu masih tersimpan rapi di satu kamar yang memang khusus untuk itu. Sekarang gak ada lagi yang sewa begituan, minuman udah ada Aqua gelas, piring yang ibu punya juga piring model lama buatan kedaung, piring-piring saji yang gede-gede banget juga numpuk aja, karena sekarang banyak pemanas makanan yang lebih praktis dan modern.

Dan loyang-loyang kue yang beraneka ragam juga nganggur di lemari, cuma dipake sedikit aja pas mau lebaran buat bikin kue sekedar ada buat suguhan tamu atau kerabat. Pernah juga aku minta beberapa loyang beliau pas aku masih di Indo.

Yang pasti, banyak banget soal msak memasak, hitung menghitung yang aku dapet dari ibu, dan aku biarkan hari ini ber mellow ria mengenang ibu bapakku di sana, sambil berharap, mudah-mudahan masih ada waktu untuk bertemu dengan mereka lagi...
Dan mudah-mudaha ibu dan bpak tau bahwa training yang mereka tanamkan padaku selama ini sagat bermafaat buat kehidupanku sekarang...

Hatur nuhun ibu sareng bapak....miss you!

22 Comments:

  • iya nih...aku jg klu lg diajarin didapur suka ngomel2...skarang malah kalang kabut ngga bisa masak...hiks...jdnya klu ada yang pengen aku buat yah sms lagi ke ibu...hehehehe

    By Blogger yeni, at 4:14 PM  

  • Mudah2an setelah nulis ini, udah gak mellow lagi ya:)

    By Blogger Dewi, at 4:48 PM  

  • uuuuh cayang jgn piling blu dong.. mending bagi2 resep kuker teh buat lebaran hehehe..

    By Blogger Mamahoney, at 5:07 PM  

  • deuh teh kayaknya semunya kalo aps puasa gini mellow dan ingat keluarga nun jauh disana deh.
    saya juga.. sempet mau nangis.. apalagi pas tau hamil muda.. nangsi beneran deh.. kebayang kalo hamil deket ortu, ada yg nemenin kalo pas suami kerja. ada yang sayang sayangin.. weh pokoknya semua deh..

    By Blogger Widya Sandy Blog, at 7:48 PM  

  • teteh... insya Allah doanya selalu sampe ya, walaupun lagi jauh. kapan atuh pulang lagi ke Bogor?

    By Anonymous yanti, at 9:52 PM  

  • Hiks..Hiks... jd pingin mudik nih Teh*ikutan mellow*

    By Blogger Miming, at 11:01 PM  

  • MBa Ina, tuh kan gara-gara sering bantuin ortu di dapur skarang jadi bisa masak yang enak-enak buat orang2 tercinta di rumah.
    Aku juga dulu gituh suka banyak alesan kalo di suruh bantuin nyokap, tapi dengan kedumelan di dalam hati akhirnya aku merasa pengalaman yang di ajarin mama di dapur berguna banget :D

    By Blogger Beyond My Destination, at 11:52 PM  

  • iya teh,tinggal jauh hese nya?susah kalo kangen sama ortu:(
    sering2 telp aja biar mereka seneng:)
    btw, es teler??duuhhh enaknya!!!

    By Blogger ema, at 7:25 AM  

  • iya teh kadangkala kita teh butuh juga membiarkan diri untuk mellow dan mengenang hal2 indah itu. Ahh...kondisi yang sama teh, semoga ya mereka sehat dan masih akan sering ketemu lagi, insya alloh.

    By Blogger Lia, at 12:05 PM  

  • masa kecil teh ina rada mirip deh sama daku..daku juga dulu suka gegerendeng klo disuruh bantuin, masih ngerasain juga ke pasar ramayana yang becek tea. Masih inget kan ya Teh sama pasar Ramayana becek + bau :D
    masih mending Teh Ina yang jadi jago masak, daku mah teteup we suka masih binun..xixixixi..

    By Blogger Irma dan Anne, at 12:06 PM  

  • your parents are so lucky to have a gifted daughter like you :)
    PS: jadi menu jamuannya apa aja??? dicatat ya di dapurnya...:p

    By Blogger si kiky, at 12:22 PM  

  • emang teh.. saya aja yg deket ke Bandung tapi keukeuh ga bisa pulang.. kerasa pisan sedihna.. semua campur aduk.. apalagi biasanya mo lebaran gini.. lebih lagi lho sedihnya.. tapi sabar aja ah..

    By Blogger tie, at 1:16 PM  

  • Hiks..hiks.. jadi ikutan mellow juga niy baca postingan teh Ina. Senasib nih, lebaran gak mudik :(

    By Blogger Nia, at 2:34 PM  

  • Aku jg kalo diajarin ma mama dulu suka kabur2an.. toss dulu teh...

    Teh, jgn sedih yah.. emang sih kalo jauh dari ortu bawaannya kangen dan sedih pastinya.. aku aja yg baru pisah sama mama dua hari aja udh nelpon2in mulu hehehehehe

    semangad ya teh.. kan ada acara bukbar rame2..

    By Blogger Wina, at 3:00 PM  

  • amin insyaallah ortu teh ina selalu sehat dan bangga lah mba ke anak-anak nya ;) apalagi diterusin usaha nya di negri orang pula.. TOB deh teh ina :)

    By Blogger liza, at 3:11 PM  

  • Masih mellow Na? Hehe, kuning seger amat.. manis kaya yang punya..

    By Anonymous Tina, at 6:51 PM  

  • Hiks sama teh..aku inget bgt dulu aku tuh benci dapur bgt..setiap disuruh ngaduk2 rendang biar gak gosong aku suka komat kamit sendiri..(kayak gak ikhlas gitu)..sampe pernah nangis krn di suruh masuk dapur..

    pas dah kuliah juga punya cita2 gak bakalan mau jadi ibu rumah tangga yg masakin buat anak & suami, pokoknya mau ngantor..

    TApi teh..kok jadi sekarang kebalikan semuanya yah...aku skrg jadi seneng jadi ibu rumah tangga krn Alhamdulillah gaji-nya dpt lebih byk daripada gaji waktu aku msh ngantor..trs jadi seneng bgt masak..

    Untung sebelum merit resep2 nyokap di catet semua...jadinya seneng deh suami dpt istri yg bisa masak *hehehehe*

    By Blogger novira, at 9:14 PM  

  • Ceritanya tak jauh beda dengan diriku teh Ina.Dulu setiap minggu pasti diajak ke dapur, suruh kupas bawang merah, sampe nangis2 lagi. Kuliah makan beli, menikah cuma masak nasi, lauknya beli, alasannya cuma karena kerja dan capek saja. Eh, begitu di perantauan terpaksalah mau tidak mau masak sendiri. Dijamin pasti halal.
    Manfaatnya skrg masak dah jadi hobby, banyak teman maya hehhee

    By Blogger Anisa, at 9:56 PM  

  • Ina,......mugi2 engal terobati melow na, iraha atuh ka Ina?

    By Blogger Tantri Nugraha, at 10:06 PM  

  • duuuh jadi ikutan mellow, inget mamah bapa huhuhu...

    kalo udah berbagi gni mellownya berkurang ya teh, muga2... ibunya teteh pasti bangga da ama teteh karena trainingnya berhasil :)

    By Blogger roro, at 5:09 AM  

  • Brarti next thing to do kl mudik: masak utk ortu ya Teh.. :)

    By Blogger Vina, at 7:16 PM  

  • ah Teh..saya juga jadi inget Mama..betapa ortu kita adalah pekerja keras ya..apa aja asal halal dilakukan buat bikin hidup anaknya lebih baik

    By Blogger emaknya iffah, at 9:52 AM  

Post a Comment

<< Home