Tuesday, October 16, 2007

Liputan Lebaran 1428 H

Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketPhoto Sharing and Video Hosting at Photobucket
Sebelum berangkat mudik ke Brisbane hari Jum'at , udah ada pengumuman kalo lebarannya hari Sabtu, tapi pesenan kue udah beres semua, dan sambil nungguin kue diambil, aku bebenah koper buat mudik.

Cuaca Jum'at pagi rada mendung dan perjalanan kita ke airport Sydney sempet tersendat gara-gara kabut yang menghalangi perjalanan, yang kudunya di toll jalan 100 km/jam jadi cuman 50-an, secara tu kabut lumayan tebel dan gak keliatan jalannya, dan bikin kita tegang.

Untungnya gak lama, abis lewatin daerah gunungnya, jalan dah normal lagi, dampaknya? sampe airport jadi telat, tinggal 45 menit lagi ke jadwal penerbangan kita. Pas kita dah didalem pesawat, malahan tiba-tiba ada pengumuman kalo cuaca lagi ada badai, jadi pesawat delay 45 menit.

Perjalanan ke Brisbane juga cukup menegangkan gara-gara badai sebelumnya, Alhamdulillah sampe Brisbane dengan selamat walau telat dari waktu yang direncanakan. Yang kudunya sampe jam 2, ini sampe jam 3 lebih.

Abis ambil mobil sewaan, kita langsung meluncur ke Indooroopilly, jalanan sempet macet lagi, jadi makin telat aja. Padahal kita ada janji jam 4 buat ketemu ma temennya Hamamah sekeluarga di deket rumah lama kita, akhirnya, biarpun cuma mampir sebentar, Hamamah happy bisa reunian.

Lanjut terus kerumah pak Hery dan mbak Ceta buat berbuka puasa terakhir disana. Seneng ketemuan lagi ma temen-temen lama, ada juga beberapa yang baru yang dateng pas aku pindahan ke Wollongong.

Abis shalat magrib berjamaah kita ngadain takbiran sebentar terus lanjut acara makan menu khas lebaran. Selesei itu kita kerumah pak hendry tempat kita nginep selama di Brisbane, sampe sana kepinginnya tidur tapi kita ngobrol lagi sampe jam 1-an.

Pagi hari Sabtu kita menuju mesjid Kuraby, salah satu temnpat shalat ied diadakan, soalenya ada juga yang deket kampus, Karena rumah pak Hendry lebih deket ke mesjid ini, ya udah cari yang deket, sayangnya aku gak bisa ngikut solat ied, tamu bulanan dateng kecepetan.

Denger suara takbir yang makin menggema, selalu ada rasa sedih, rasa haru, suka keinget keluarga di Indo, kali ini keinget almarhum ibu, sori mori kalo aku keseringan nulis tentang ibu, maklum aja ya...
Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketPhoto Sharing and Video Hosting at Photobucket
Malah pas cium tangan bu Iman (sesepuh di Brisbane), aku gak biasanya pake nangis dulu, bu Iman yang tau juga pake nambahin lagi, "yang sabar ya, kalo inget ibu, saya juga dah dianggap ibu oleh Ina kan...?"

Abis shalat kita kerumah sesepuh Brisbane, ibu dan pak Iman yang masak gule kambing dan lontong. Kalo dari rumah mereka, selalu ada oleh-oleh yang dibawa dari kebunnya, kali ini aku dapet 1 kantong plastik besar jeruk limau, karena lagi panen, lumayan oleh-oleh buat orang Wollongong.

Mustinya kita kerumah pak Akbar yang masak bubur ayam sama empek-empek, brubung mash kecapean, akhirnya kita pulang kerumah dulu istirahat, lumayan tidur 1 jam-an bisa bikin seger badan, soalnya acara masih panjang sampe malem nanti. Makan siang kita kerumah pak Nandar yang spesialis bikin sate ayam, ketemuan lagi ma temen-temen.

Khas nya lebaran di Brisbane, setiap keluarga biasanya punya spesialisasi makanan lebaran tersendiri, jadi jarang banget kita keiling nemu menu yang sama. So, acara ngider antar temen pasti kita nyicipin menu yang menggugah selera.

Jam 3 misua ada acara bedah buku, sementara aku ma anak-anak pergi ke mall deket rumah dulu buat ketemuan ma temennya Hamamah ma Nurul, daripada aku kudu nganterin kerumah temennya masing-masing mendingan janjian di food court-nya aja, jadi kesampean semua.

Dari situ kita pergi kerumahnya mbak Ella sekitar jam 5-an, soale ada menu mie ayam disana buat dinner, ketemuan lagi ma temen-temen, kumpul lagi sambil menikmati mie ayam.

Nyempetin buat nelpon bapak di Bogor ma ibu mertua di Ciputat, mohon maaf sambil ngucapin met lebaran. Berusaha tegar saat ngobrol ma bapak, ada yang gak biasa soalnya.

Acara besarnya digelar pas hari minggu di kediaman pak Hendry dimana kita tinggal, banyak yang mengistilahkan acara kali ini paket hemat, soalnya ada tiga acara yang dijadiin satu.

Yang pertama, acara khataman Qur'an yang setiap bulannya kita adain di Brisbane, acara kedua, aqiqahan Shafira anaknya mbak Ani, kita baca maulid layaknya di Indonesia, pake acara cukur rambut sang bayi. Yang ketiga, acara halal bi halal.

Acara kayak begini selain bikin silaturahmi makin erat, juga mencoba menghidupkan suasana aqiqahan di Indonesia. Biasanya semua suka ikut terhanyut suasana, apalagi pas kita semua berdiri sambil bershalawat. Terus terang, aku kangenin banget acara ritual dan khataman seperti ini.
Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketPhoto Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketPhoto Sharing and Video Hosting at Photobucket
Rangkaian acara ditutup dengan menikmati hidangan serba kambing aqiqahan, dan masih banyak lagi menu lain yang bisa kita nikmati, gak ketinggalan kuker hasil bawaan dari Wollongong ngikut tampil memeriahkan hidangan yang ada.

Kalo dulu tiap lebaran kita suka dapet salam tempel, kali ini pada udunan buat beli kado buat anak-anak, isinya ada yang kebagian buku, ada juga yang kebagian alat tulis.
Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketPhoto Sharing and Video Hosting at Photobucket
Kita kembali ke Wollongong malemnya setelah acara selesai, pesawat delay lagi so kita sampe rumah jam 1 lebih. Sebenernya suami paling gak bisa bawa mobil malam hari, tapi Alhamdulillah sampai juga di Wollongong dengan selamat.

karena waktu yang mepet dan cukup padat, ada beberapa temen yang gak sempet kita kunjungi rumahnya seperti biasanya, dan ada yang gak ketemuan sama sekali malah, maaf banget.

Yang pasti kita seneng banget bisa bersilaturahmi ke Brisbane, dan thanks banget buat sambutan temen-temen semua, pokoke thanks for everything.

Anak-anak sampe manyun pas dikasih tau waktunya pulang lagi ke Wollongong, sampe mereka bilang kalau boleh milih, mereka mau pindahan lagi ke Brisbane. Mudik 3 hari kemaren bikin mereka happy banget, ketemu temen-temennya yang super duper banyak banget kalo dibandingin ma Wollongong.

Ditunggu kunjungan baliknya ke Wollongong ya.....

10 Comments:

  • weleh...teh ina, nginep di daerah kuraby ya...?? Rumahku di kuraby lho... wah tau gitu bisa kenalan secara langsung...hihi.
    seneng ya.. ketemu ama temen2 lama....

    By Blogger ...ina..., at 8:00 AM  

  • Wuih acaranya padat & seru ya teh, senangnya...

    By Blogger Tety, at 11:47 AM  

  • Wah...ternyata hamah n nurul malah betah di brisbane yah!

    Walo gak semeriah Indo, tetep rame n seru yah!

    By Blogger yossy hamdan, at 5:29 PM  

  • Hehehe...mudiknya jadi ke Brisbane ya mbak.Jadi kampung halaman selama di Australi ya.Senengnya kalau ketemuan teman2 lama...nginep lagi.Dan hidangannya buanyak banget.

    By Blogger Anisa, at 8:40 PM  

  • menyenangkan ya mbak bisa ngumpul bersama sahabat dan merayakan lebaran. dan yang penting hamamah dan nurul juga senang bisa ketemu dengan teman2nya.

    hal yang wajar kok teh ina, jika selalu teringat dengan ibunda tercinta. Al Fatihah buat beliau.

    By Blogger primaningrum, at 9:07 PM  

  • Seru ya acara lebarannya padat merayap gitu kena badai segala duh..perjuangannya buat ngumpul bareng sodara2 di kkota lain ya Teh...

    Ohya jadi mudik tuh mudik ke Brisbane ya..kupikir mudik ke Indo walah...hehe...yalah sama ajah yaaa yang penting ngumpul2 sm temen2 yg udah dianggap sodara yaa....

    By Anonymous Anonymous, at 9:51 PM  

  • engga kalah rame juga tuh brisbane...
    udah kayak di indo bahkan kayaknya lebih kekeluargaan lho...secara kan kalo diindo sama keluarga kalo disana sama saudara seiman...oh indahnya....

    By Blogger M. Raul Yasin Widjayabrata, at 10:56 PM  

  • Teteh....Mohon Maaf Lahir dan Batin, Selamat Hari Raya Idul Fitri.

    Mudah-mudahan Teteh sekeluarga sehat terus ya, trus ditunggu kabar -kabarnya kalo jadi ke Bogor bulan dec nanti ya teh........ud kabita pengen ketemu teteh euy. contact no. kukirim via japri ya teh........

    By Anonymous Luky, at 6:19 PM  

  • serrruuuuuuu bgt lebarannya!

    By Blogger Mamahoney, at 6:32 PM  

  • Seru acaranya..klo gini kan lebaran jadi meriah.

    Ketemu dengan orang-orang senasib dan tidak seperjuangan..hehehe

    By Blogger Ryu`s Mom, at 10:44 AM  

Post a Comment

<< Home